Sabtu, 16 Oktober 2010

Tulisan

Netbook Akan Mati Digusur Tablet

Semakin populernya perangkat komputer tablet diperkirakan bakal menggempur netbook alias notebook mini. Hasil riset terakhir yang dilakukan firma analis teknologi Gartner dan IDC, penjualan netbook memang mengalami penurunan drastis sejak tablet diperkenalkan pertama kali oleh Apple dengan merilis iPad.

Menurut Andreas Diantoro, Managing Director ASEAN Dell Global B.V. tablet bakal menggusur netbook karena punya punya lebih banyak kelebihan. Dari sisi teknis, kinerja, tampilan grafis, dan form factor tablet lebih baik daripada netbook. Bahkan tablet yang disertai fungsi telefoni seperti Dell Streak yang baru diluncurkan resmi di Indonesia, Jumat (15/10/2010) ini bisa "always on" ke layanan online yang digunakan pengguna seperti jejaring sosial, email, dan instant messaging.

"Yang paling besar tergusur tablet ya netbook" kata Andreas. "Netbook akan mati. Suatu saat tidak digunakan lagi," tegas dia. Dikatakannya, di negara lain seperti Malaysia, Vietnam, netbook tinggal 5 persen di pasar. Di Indonesia netbook memang masih 10 sampai 15 persen karena banyak yang beli sebagai first time user yang baru pakai komputer pertama kali, tapi begitu tahu kualitasnya, pengguna kecewa.

Selain itu, potensi pasar tablet jauh lebih besar daripada netbook. Andreas mengatakan laptop yang diibaratkan sebagai tradisonal IT diperkirakan akan terjual satu miliar unit sepanjang tahun 2010, namun smartphone (termasuk tablet di dalamnya) diperkirakan bakal terjual sepuluh kali lipat atau sepuluh miliar unit di tahun yang sama.
Tablet juga lebih fleksibel memberikan pilihan aplikasi kepada pengguna. Dengan dukungan Android, misalnya, Dell Streak menawarkan lebih dari 160.000 aplikasi yang dapat diunduh dari Android Market baik secara cuma-cuma maupun berbayar.

sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar